Menjadi pengusaha adalah impian bagi banyak orang, namun itu bukan perihal yang mudah. Dibutuhkan kerja keras, kreativitas dan pengetahuan untuk menjadi pengusaha sukses dan dapat bersaing di pasar, selain itu pengusaha juga harus berani mengambil resiko. Salah satu bidang usaha yang dapat meningkatkan industri fashion adalah usaha baju. Dengan kemajuan teknologi, saat ini pengusaha baju sangat terbantu dalam membuat merek dan memproduksi produk bajunya sendiri. Beberapa pengusaha baju ini sukses menarik minat masyarakat Indonesia.
Nama Pengusaha Baju Sukses di Indonesia
Beberapa pengusaha baju ini sukses menarik minat masyarakat Indonesia, berikut adalah nama-nama yang produknya sudah dikenal di masyarakat.
1. Dea Valencia
Dea Valencia adalah seorang wanita kelahiran tahun 1994 yang memiliki kecintaan pada kain batik dan koleksi baju batik yang antik dan kuno. Dari kecintaannya tersebut membuat Dea Valencia menjadi salah seorang pengusaha baju batik yang sukses di Indonesia bahkan luar negeri diantaranya negara Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Hongkong, Belanda, Singapura dan Norwegia.
Usaha Dea berawal dari sulitnya ia mencari desain batik yang sesuai dengan seleranya, akhirnya Dea memiliki ide untuk membuat sendiri baju batik yang sesuai dengan seleranya tersebut. Berbekal dari kain batik dari neneknya, Dea mulai membuat dan menjahit baju batik sesuai dengan model yang ia inginkan. Setelah lulus kuliah, Dea mulai memantapkan dirinya untuk menjadi pengusaha baju dan memberi merek pada produk baju batiknya dengan nama Batik Kultur.
Baca Juga: Trend Motif Pakaian 2021, Yuk Buat untuk Usaha Pakaian Kamu!
2. Yasa Singgih
Yasa Singgih mulai terjun ke dunia bisnis pada saat ia duduk di bangku SMA, dimulai dari bisnis baju dan kuliner hingga akhirnya berhasil menjadi pengusaha baju dengan merek Men’s Republic. Menjadi seorang pengusaha baju tentunya tidak langsung berhasil, beberapa kali Yasa menghadapi kegagalan namun hal itu tidak membuat semangatnya berhenti dan terus menjalani usahanya sebagai pengusaha baju.
Berkat Men’s Republic saat ini Yasa Singgih menjadi seorang pengusaha baju dengan omzet miliaran rupiah yang sanggup menjual ribuan produk fashion setiap bulannya. Yasa Singgih juga mendapat beberapa penghargaan diantaranya juara 1 Wirausaha Muda Mandiri, Youth Marketeers of the Year 2016, dan Forbes 30 Under 30 Top Promising Young Leaders, The Youngest Forbes 20 Under 30 Asia in Retail & E-Commerce 2016.
3. Dian Wahyu Utami
Dian Wahyu Utami menjadi salah satu pengusaha baju muslim paling sukses di Indonesia. Dian merupakan seorang desainer baju dan memiliki beberapa gerai toko baju muslim perempuan dengan nama Dian Pelangi. Dian berhasil mencatat namanya di deretan Forbes 30 Under 30 pada tahun 2018.
Jalannya menjadi pengusaha baju muslim berawal dari mengurus toko busana muslim milik ibunya di Jakarta. Saat itu Dian baru lulus dari sekolah mode di ESMOD, maka Dian mengambil kesempatan itu untuk berkreasi. Setelah mendapatkan banyak ilmu dari pendidikan formal dan bimbingan sang ibu, Dian memutuskan untuk menjadi pengusaha baju muslim dan membuat butiknya sendiri. Dian mengkreasikan produk baju muslimnya dengan warna-warna cerah yang sangat menggambarkan anak muda, dari situlah muncul nama Dian Pelangi. Butik Dian Pelangi saat ini ada di Indonesia, Malaysia dan Dubai. Beberapa karya dari Dian juga telah dipertunjukkan di acara bergengsi New York Fashion Week.
Tips Sukses Menjadi Pengusaha Baju
Melihat kisah sukses para pengusaha baju di Indonesia, bisa dijadikan referensi untuk kita memulai usaha baju. Kawan Texco bisa mengikuti beberapa tips ini sebagai langkah awal untuk menjadi seorang pengusaha baju sukses.
Baca Juga: Bisnis Printing Kain Bisa Hasilkan Produk Ini Lho! Sudah Tahu?
Membuat Konsep yang Matang
Langkah awal untuk menjadi pengusaha baju yang sukses adalah membuat konsep dan menentukan target pasar. Hadirkan hal unik yang bisa menjadi ciri khas pada produk yang akan dijual. Melakukan survei dapat membantu mengumpulkan informasi dan melihat peluang pasar dengan lebih besar dan mendalam. Semakin dekat dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, produk yang akan dipasarkan nanti akan semakin memiliki peluang yang besar untuk dibeli oleh konsumen.
Membuat Logo yang Menarik
Selain pengingat terhadap merek yang dibuat, logo juga berfungsi sebagai identitas dan juga pencerita bisnis yang dibuat secara keseluruhan. Logo yang menarik dan mudah diingat dapat menimbulkan kesan tersendiri dalam ingatan masyarakat.
Mempersiapkan Proses Produksi
Persiapan proses produksi mencakupi perencanaan bahan, pemilihan alat dan perhitungan biaya yang dibutuhkan dalam memproduksi produk yang akan dibuat. Pilihlah bahan baku yang sesuai dengan konsep yang sudah dibuat. Pemilihan alat juga sangat berpengaruh pada kualitas dari baju yang dihasilkan. Hitunglah dengan cermat dan tepat biaya dari produksi yang dibutuhkan agar efisien.
Penentuan Harga dan Promosi
Setelah menghitung biaya, harga jual dapat ditentukan dengan tepat sesuai dengan pertimbangan target keuntungan yang ingin dicapai. Untuk mencapai target penjualan, promosi sangat penting agar produk cepat dikenal oleh masyarakat. Salah satu cara promosi untuk memperkenalkan merek yang dibuat adalah dengan membuat kemasan dan hadiah barang. Kemasan dapat ditempelkan sticker logo dan informasi produk supaya unik. Sticker logo juga dapat dijadikan hadiah untuk konsumen. Kemasan dan sticker tersebut dapat dibuat dengan bantuan mesin cutting, mesin laser cutting dan bahan sticker. Setelah produk dan kemasan siap, tinggal menentukan dimana produk kita dipasarkan sesuai dengan target pasar yang sudah direncanakan.
Menciptakan brand sendiri dan menjadi seorang pengusaha baju memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan ilmu dan cara yang tepat, pasti bisa meraih kesuksesan seperti para pengusaha baju di atas. Ikuti perjalanan sukses para pengusaha baju tersebut dan carilah partner yang tepat. Texco Indonesia menyediakan layanan konsultasi gratis buat kamu yang mau mulai menjadi pengusaha baju dan masuk ke dunia bisnis digital printing textile. Hubungi kontak di sini atau melalui WhatsApp Chat di nomor 0812-9757-5570.
Baca Juga: Tips Jitu Membangun Brand Baju Sendiri